-->

Friday, October 23, 2015

Hari ini Aku

" Hari kemarin sudah berlalu, kita tidak mungkin mengubahnya. Hari esok di hadapan. kita tidak tahu apa kita punya kesempatan di dalamnya. dan, hari ini kesempatan bagi kita untuk beramal saleh. maka, beramalah sebanyak-banyaknya" (Hasan Al-Bashri)

Hari ini hari terbaikku, hari ini milikku. hari ini bisa jadi hari terakhirku. aku akan membentuk kebiasaan-kebiasaan terbaik hari ini. Ya, hari ini. hari ini aku akan mencurahkan segala perhatian, kepedulian, dan kerja keras untuk menentkan kebiasaan terbaikku.

hari ini aku akan melakukan sholat yang paling khusyu, zikir sepenuh hati, doa dengan penuh keyakinan, dan membaca Al-Quran dengan penuh penghayatan. Aku bertekad untuk mengerjakan solat wajib tepat waktu dan berjamaah. aku akan melakukan solat sunnah Dhuha, rawatib dan Tahajjud. aku akan mengisi waktuku dengan membaca buku-buku yang membuatku lebih mengerti agama, memperbaiki akhlak dan meningkatkan kemampuanku"

hari ini aku akan melakukan tobat yang sesungguhnya menginsyafi segala dosa, Memohon ampun atas semua salah dan berjanji tidak akan melakukan kezaliman yang sama. hari ini aku akan melihat diri, keluarga, rezeki, makanan dan minumanku, dan seluaruh yang ada padaku dengan ridha. dengan syukur. hari ini, aku memahami bahwa apa yang ada padaku adalah sebaik baik nikmat dari Penciptaku.

Hari ini, aku akan membagi waktu dengan lebih bijaksana, menjadikan setiap menitnya laksana berbulan-bulan, setiap jamnya laksana bertahun-tahun. karena, aku akan menanamkan perbaikan diri setiap detik hidupku. aku akan belajar dengan giat dan bekerja dengan penuh semangat.

hari ni, aku tidak akan berbicara, kecuali berkata yang baik-baik saja. aku tidak akan berucap kotor dan menjijikkan. aku tidak akan mencela. aku tidak akan membicarakan kejelekan orang lain. aku tidak aan meneliti aib aib dan mencampuri urusan orang lain. aku akan sibuk memperbaiki diriku, aku akan sibuk menertibkan urusanku, membersihkan tubuhku, dan merapikan rumah dan kantorku.

hari ini, aku berusaha menanam benih kebaikan. Hari ini, aku berusaha mencabut akar keburukan : iri, dengki, dendam, dan prasangka buruk. Hari ini, aku akan lebih banyak menebar manfaat. waktuku hari ini akan kugunakan untuk memberi kebahagiaan bagi orang lain, membantu orang yang kesulitan, bersedekah, menenguk orang yang sakit, memberi makan kepada mereka yang kelaparan, dan menolong yang lemah. Aku akan mendampingi orang-orang yang teraniaya, memberikan pertolongan kepada siapa saja yang lemah, dan tentu saja memuliakan orangtua, saudara, sahabat, dan tetangga.

Hari ini aku akan membentuk kebiasaan terbaik dalam diriku.

Buku : HALAQAH CINTA (Arif Rahman Lubis) 144-147

No comments:

Post a Comment