-->

Thursday, September 17, 2015

Menggapai target pesan ‘2016’ part 3

Sudah seberapa banyak pesan yang didapat? Sudahkah kamu paham akan pesan yang tersirat dalam hidup?.. aku sih ngaku belum semua. Dan semua yang ada dalam judul ini sampai part terkahir nanti adalah pengalamanku. Maksudku, pesan yang sudah aku bisa artikan maknanya.

Tahun pertamaku kuliah 2012, di jenjang itu aku dan temanku Rianita Ulifianti masih sukak main barengan...padahal dia temen SMPku. Tapi emang banyak kejadian di SMP sama dia yang gak akan bisa dilupakan.
mulai dari ulangan Agama Islam, yang ternyata buku ku masih dipinjem dia, terus aku gak bisa belajar, eeh ternyata buku nya juga gak ada dia. Nahlooo... ternyata buku nya ketinggalan disekolah, di loker meja dia. Alhasil... malem malem demi ulangan besok kita datengin sekolah, kita ambil buku itu, buku aku.. yang ada di lantai 2 gedung SMP Islam terpadu Attaqwa. Hahaaa.............. nice memory.

Ada laagi..... saat kita gak satu kelas, tapi karena pulangnya searah jadinya kita tunggu-tungguan. Seperti biasaa.. kita naik mersi (merah kuasi) angka 10. Perjalanan rumah ke sekolah cukup lama menurutku, karen aku belum bisa bawa motor, dan memang dilarang juga bawa motor ke sekolah. Yaaa....yaudah jadinya kadang di anter jemput, kadang bawa sepeda, kadang kalo rame malah jalan kaki (biasanya momen momen banjir. Hahaha). Setelah lama nunggu kelas dia keluar, keluarlah dia dengan senyumm ‘fikaa...ayo pulang’ –yuukk--
#eh....tunggu. fikaaaaaa.... maaf ternyata aku bawa sepeda (mandang aku kasian)
“haaaahhh??? Yaaahh yang pada pulang naik angkot udah gak ada, aku gak ada temennya pulang” -___-
yaudah alhasil boncengan, dan akhirnya Ulif nganterin aku sampe rumah..mungkin karena ni anak merasa bersalah aku udah nunggu lama. (padahal rumahku sm rumah dia jaauhh)

Dan keesokan harinya dia baru bilang, dia puasa.. (HUAAWAADUH...jadi aku yg ngerasa bersalah kan, bikin orang puasa capek) -__-
Eh... Bukan ini yang mau aku ceritain. Sory.. hhahaha

Aku dan ulif kagum sama satu orang di SMP. Dia kakak kelas kita, cantik, baik, solehah, pinter banget lagi, adem gituu kalo lihat dia. Kita kagum...—eh tolong..-- beda ya ama suka. Kita masih normal, masih suka cowok. -__-
Kita suka jadi detective, spy spy gak jelas, sampai tahu kalau kakak itu suka donor darah, naah terus sampai kita beda SMA, kita masih suka mata matain. Alhasil terenyuhlah kita untuk ikutan niat mulia itu. Dan kita pergi bareng ke MM tahun 2012 bulan Mei untuk ke PMI. Daan.... karena kita takut bawa motor, ya kita naik mersi, daaan karena kita takut nyebrang... kita lewat jembatan layang, hahaha. Butuh perjuangan banget kita kesini... karena banyak kejadian dijalan, terutama di atas jembatan itu. Ada laki laki yang nyamperin kita. Udah deg degan banget.. dan semua omongan aku ke laki laki itu bohong, begitupun Ulif.. kita takut. Kita lari. Alhamdulillah kita gak kenapa-kenapa. Malah ketawa cekikikan kalo inget semua cerita perjalanan ke MM itu. Aku bersyukur banget punya teman teman yang baik. Ulif yang ngajakin aku dan nyadarin aku, eeh lewat kakak kelas itu juga sih. Singkat cerita... sampailah kita ke PMI. 2012... berarti umurku masih 17 tahun saat itu, yaa walaupun di Juni adi 18 (gak mau diibilang tua) wkwkwkw..
tapi sayaaaang banget, setelah di tes, Cuma aku yang bisa donor. Ulif gak bisa... aku ikutan sedih, muka dia bete gitu, aku gak enak sama dia, dia yang semangat banget, dia yang ngajakin aku. Tapi dia gak bisa donor. Dan aku donor untuk pertama kali nya saat itu..

Sampai akhirnya aku berpisah sama Ulif yang kuliahnya jauh di UM, sampai berkali kali ada kegiatan donor darah dikampus selalu ditolak, sampai pada akhirnya Ulif diterima donor untuk pertama kalinya dan tangannya ada bercak biru. Lucuuu.... hahaha

Begitupun aku, mungkin memang proses 4 tahun itu panjang ya.. aku selalu ditolak donor darah ketika di Purwokerto ini, dengan alasan yang sama. Yaitu HB yang rendah. Mungkin niatku juga gak bener, niatku biar dapet sekantong makanan dari PMI, supaya bisa kaya kakak kelasku. Parah ya niatku?. Mungkin karena itu aku ditolak. Padahal Pola makanku jelek, padahal aku calon sarjana pangan, aku di wanti wanti suruh rajin makan, perbaiki pola dengan yang sehat.
Aku baru sadar..dan aku memang takut, terus gimana kalo aku lulus gak ada yang percaya aku anak pangan? Bahkan massa tubuhku dibawah standar, HB ku rendah. Kan gak mungkin aku nasihatin orang, padahal sendirinya aja gak bisa nerapin pola makan sehat.

Alhamdulillah ditahun ke 4 aku yang awal ini, tepat kemarin 14 September 2015 aku baru berhasil donor untuk KEDUA kalinya. MasyaAllah aku seneng banget hari itu, aku justru udah berpikiran buruk, pasti pas di tes HB ku rendah, ternyata aku bisa..
“ya, silakan” ---eh mba apa?
“iya, mba bisa kok donor.. silakan masuk ke bis”
aku gak percayaa... 3 tahun ini aku ditolak, dan sekarang aku diterima MasyaAllah...

Singkatnya, selesailah darahku diambil, putuslah rangkaian selang dan jarum ditanganku. Tapi yang aku inget cuma sedikit setelah itu. Aku tidak sadarkan diri, aku pingsan, aku...drop, aku gak kuat. dan untungnya masih dalam bis PMI, belum sempat berdiri. Aku tau banyak yang berbicara disekitarku, banyak suara yang panik. Tapi aku gak bisa lihat mereka. Mataku menghitam, sekujur tubuhku diiinginnnyaaa luar biasa, merinding, ssaaaakiiiiittt sesakit saakiiitnyaa. Dan disitulah pertama kalinya aku menghirup tabung oksigen, ya... tabung oksigen yang katanya mahal, aku baru tau rasanya. Dan bahkan aku tidak melihat siapa yang didepanku ngasih oksigen itu. (bersyukurlah oksigen yang kita hirup sekarang ini gratis)

Dalam bis itu aku disuruh tidur, padahal aku udah janjian ketemu sama partner penelitian dan untungnya di awal aku bilang posisiku. Setelah aku bangun semua orang di dalam bis udah beda.. udah ganti pendonor (total 4 pendonor dalam bis). Padahal aku tidur gak lama. -__- malu aku.

Aku dikasih minum, dan aku bilang “saya puasa mas”.
“Ooohh pantesan mba pingsan, tadi pucet banget muka nya.. lain kali jangan donor kalo puasa”
Di awal mas mas PMI ini udah banyak tanya sih, udah tau aku donor ke berapa, aku darimana asalnya, dan segala macem, ramah banget mas mas nya baik banget. Hehe

“semangat banget ya, akhirnya selama 3 tahun ditolak, dan ini baru diterima jadi langsung mau donorin ya mba? Padahal kan lagi puasa. Puasa apa nih? Kalo gak kuat mendingan nanti dibatalin aja daripada kamu bahaya”
--saya bayar puasa sih mas, iya terimakasih—(pamitan pulang)

Dengan terlambat sesuai jam kesepakatan akhirnya aku ketemu partnerku penelitian, dan mereka udah maklum..aku udah izin di awal soalnya. Tapi karena aku merasa bersalah... jadi aku hari itu yang menyibukkan diri untuk membeli bahan yang sudah habis, pergilah aku dengan motorku.. pans panasan.
Setelah itu, kita mulai kerja seperti biasa di lab, rasanya aku merasakan hal yang sama ketika di mobil PMI tadi, justru lebih sesak dan lebih deg degan gitu, dingiin.... posisiku yang duduk langsung aku senderkan di lantai. Akhirnya aku batalin puasaku, karena aku memang udah gak kuat.

Memang salahku yang berani beraninya donor saat puasa, terlalu seneng aku... kalian gak tau apa yang aku rasakan setelah 3 tahun aku ditolak. Dan jujur.. saat itu aku gak ada niatan yang sama seperti 3 tahunku penolakan. Aku gak niat dapet sekantong makanan PMI, aku gak niat kaya kakak kelas yang menginspirasi cerpenku tentang donor darah (walaupun udah 1 tahun yang lalu dan gak menang), aku juga gak niat sama seperti dia. Karena aku adalah aku. Kemarin itu aku hanya coba coba berhadiah, aku paham aku puasa. Dan ternyata aku bisa.


Semoga memang bisa bernilai ibadah, sungguh demi apapun aku gak ada niat apapun, bahkan saat aku menulis ini, menulis seluaruh postingan blog ini, ini karena hobiku. Aku hanya ingin berbagi. Karena aku juga ingin memperbaiki diri, aku bukan orang kaya yang mungkin bisa terus beramal dengan hartanya, aku tidak bisa seperti itu. Maka dari itu banyak cara lain yang aku tempuh. Meskipun aku tau donor darah itu nyeri. Dan aku merasakan saaaakiiiit, saaaakiiiit banget untuk pertama kalinya dalam sejarah hidupku--- pingsan itu yang tersakit dari pingsan sebelumnya.
semoga sakit yang kurasa itu juga bisa jadi penawar dosaku. Dosa yang hanya aku dan Allah yang tahu. Aamiin.

No comments:

Post a Comment