-->

Sunday, March 15, 2015

Berbagi Ilmu Tak Hanya dari Teori

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan untuk mentransfer llmu yang didapat dari bangku kuliah kedalam kondisi lapangan sesungguhnya. Selain untuk syarat meraih jenjang Pendidikan strata satu atau diploma, kegiatan ini juga berfungsi untuk menambah wawasan mahasiswa dan memiliki pengalaman bekerja pada sebuah perusahaan. Praktik kerja lapangan bisa dilakukan di Perusahaan manapun, tergantung dari bidang ilmu dan minat mahasiswa yang bersangkutan. “PKL adalah tempat mahasiswa ikut bekerja di perusahaan sesuai dengan minat yang berhubungan dengan mata kuliah” Ungkap Ir. R. Aria Teguh Hariadi selaku Kepala Unit Produksi Samigaluh PT. Pagilaran.
PT. Pagilaran Unit Produksi Samigaluh menjadi salah satu wadah untuk Praktik Kerja Lapangan di kalangan mahasiswa, bahkan PT. Pagilaran ini juga menyediakan tempat bagi mahasiswa yang ingin melakuakan penelitian, seperti Dhemas Adi Purwa dari Universitas Gadjah Mada. “saya mendapat pengalaman dan teman baru dari sini” kata mahasiswa yang melakukan Penelitian Kakao tersebut. Kebetulan saat PKL juga saya bertemu adik adik yang 'Live In' dari Jakarta, tepatnya dari SMP Santo Yosep diantaranya adalah Joshua dan Abi yang menjelaskan bahwa sekolah mengirim mereka agar mengetahui kehidupan pedesaan dan belajar untuk tidak hidup mewah.
Perusahaan yang terletak di Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo ini memproduksi teh hijau dan kakao kering. Bagi mahasiswa yang menggeluti ilmu di bidang Pertanian, baik panen maupun pasca panen akan mampu berpartisipasi langsung dalam kegiatan di perusahaan ini, komoditas teh maupun komoditas kakao yang lokasinya tak jauh dari Perusahaan dapat di nikmati sebagai tempat wisata sekaligus sebagai tempat pembelajaran mahasiswa. Teori yang didapat di perkuliahan hanya sebagai dasar saat mengikuti praktik langsung. Menemui petani ataupun pegawai untuk menanyakan cara kerja  juga tak luput ditujukan untuk menambah wawasan.

Kental Budaya
Wilayah Perusahaan yang terletak di tengah desa ini membuat suasana Praktik Kerja Lapangan berbaur dengan budaya nya, Bahasa Jawa yang sudah jarang digunakan di kalangan anak muda membuat mahasiswa yang berada disana juga belajar menggunakannya, pengalaman yang tak ada di bangku kuliah seperti pergi ke kebun untuk kerja bakti, mengadakan HUT Desa Pagerharjo, Upacara dengan pakaian adat sangatlah kental.
Praktik Kerja Lapangan yang dilakukan sekitar satu bulan, yakni pertengahan tanggal pada bulan Januari sampai Februari 2015, kegiatan ini menyajikan mahasiswa untuk terus terjun dalam lapangan, baik itu didalam perusahaan maupun diluar perusahaan yang akrab dengan keramahan warga Desa Pagerharjo. Mahasiswa bisa bertukar pengetahuan dan pengalaman karena bertemu juga dengan temen-teman pelajar yang lain, selain dari Universitas Jenderal Soedirman ada juga dari Universitas Trunojoyo Madura, dan menyusul Universitas Muhammadiyah Purworejo yang PKL di pertengahan Februari sampai Maret 2015.


Ilmu pada akhirnya bisa didapatkan dari sebuah pengalaman, praktik, tukar pendapat dengan teman, wawasan baru, buku, orang yang lebih tua maupun muda dan sumber lain.


No comments:

Post a Comment